"Welcome"

Rabu, 26 Desember 2012

Mari Memasak dengan Briket

Mari Memasak dengan Briket

Oleh : Sri Karyati
Mahasiswi Jurusan Kesehatan Lingkungan
Poltekkes Yogyakarta





          Briket arang tempurung + serbuk gergaji. Briket biomasa merupakan energi alternatif yang ramah lingkungan. Bahan baku dari briket ini menggunakan limbah – limbah sisa produksi, baik itu rumah tangga, perkebunan maupun sampah dari proses alam, seperti daun – daun yang gugur. Manfaat briket adalah bisa menjadi pengganti bahan bakar minyak untuk pembakaran dan bisa menjadi pengganti arang aktif / arang kayu sehingga mengurangi proses pembabatan hutan, khususnya hutan bakau.
        Briket Tempurung Kelapa adalah bahan bakar alternatif terbuat dari bahan baku tempurung kelapa yang sudah di olah menjadi briket dan di harapkan menjadi bahan bakar pengganti sebagai pilihan yang dibutuhkan masyarakat
1.    HEMAT & EKONOMIS
Hasil Lab. SUCOFINDO menunjukkan, bahwa Briket Tempurung Kelapa yang berkualitas B (khusus untuk rumah tangga, rumah makan / restauran , home industri dan lain-lainnya) produksi PT. Marga Okapallo memiliki kalori 6481/kg dan mudah terbakar, menghasilkan energi panas tinggi dan tahan lama sehingga secara ekonomis menggunakan Briket Tempurung Kelapa akan lebih hemat apabila dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya.
2.   AMAN &RAMAH LINGKUNGAN
Diolah tanpa menggunakan bahan kimia, pada saat digunakan abunya tidak berterbangan dan tidak berasap , tidak meninggalkan noda hitam pada peralatan yang digunakan (alat-alat dapur dan lain-lainnya) tidak mengeluarkan bau menyengat / aroma tidak sedap yang dapat mengganggu aktifitas kerja kesehatan maupun lingkungan.


Huu kebanyakan penjelasan deeh :) yuuk langsung capsus ajaa...

Nah berikut ini adalah cara praktis untuk membuat Briket dari Batok Kelapa :
Pembuatan Briket

Semoga Bermanfaat -- Selamat Mencoba
Cool Transparent Green Pointer Cool Transparent Green Pointer