"Welcome"

Selasa, 23 April 2013

Alat Pelindung Diri (APD)-Part 1





Alat perlindungan diri merupakan alat yang memberi perlindungan pada tubuh agar mengurangi segala macam cedera dan mengurangi resiko gangguan pernafasan. Alat perlindungan diri sering di singkat dengan APD. Banyak macam APD yang digunakan dalam sebuah perusahaan tergantung dari besar kecilnya macam kegiatan yang dilakukan dalam perusahaan tersebut.
"Dalam UU No 1 Tahun 1970 tentang Kesehatan Kerja Pasal 14 ayat (3) menyatakan bahwa pengurus diwajibkan menyediakan secara cuma-cuma semua APD yang diwajibkan pada tenaga kerja yang berada di bawah pimpinannya dan menyediakan bagi setiap orang lain yang memasuki tempat kerja disertai dengan petunjuk-petunjuk yang diperlukan."
APD yang disediakan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Harus memberikan perlindungan yang cukup terhadap bahaya yang dihadapi tenaga kerja atau sesuai sumber bahaya yang ada.
  2. Tidak mudah rusak
  3. Tidak mengganggu aktivitas si pemakai
  4. Berat seringan mungkin
  5. Mudah diperoleh dipasaran
  6. Memenuhi syarat spesifik lain, dan
  7. Enak/Nyaman digunakan.

Berikut ini beberapa contoh gambar APD dan fungsinya :
No
Gambar
Nama
Fungsi
1
Pelindung Kepala Kelas A
Melindungi kepala dari benda jatuh dan melindungi dari arus listrik sampai 2.200 volt.
2
Pelindung Kepala Kelas B
Melindungi dari arus listrik sampai 20.000 volt.
3
Pelindung Kepala Kelas C
Melindungi kepala dari benda yang jatuh tapi tidak melindungi dari kejutan listrik dan tidak melindungi dari bahan korosif.
4
Bump Caps
Terbuat dari plastik dengan berat ringan untuk melindungi kepala dari tabrakan dengan benda menonjol. Bump Caps tidak menggunakan sistem suspensi, tidak melindungi dari benda jatuh dan tidak melindungi dari kejutan listrik. Jenis ini tidak boleh menggantikan hard hat tipe apapun.
5
Safety Glass
Bagian atas dan sisi kanan kiri dari safety glass memiliki frame sebagai pelindung dan jenis kacanya dapat menahan sinar ultraviolet sampai persentase tertentu.
6
Goggles
Goggles terpasang dekat dengan wajah, mengitari area mata, maka goggles melindungi lebih baik pada situasi yang mungkin terjadi percikan cairan, uap logam, uap serbuk debu dan kabut.
7
Face Shields
Memberikan perlindungan pada wajah yang menyeluruh dan sering digunakan pada peleburan logam, percikan bahan kimia atau partikel yang melayang.
8
Welding Helmets (Topeng Las)
Memberikan perlindungan pada mata dan wajah. Topeng las memakai lensa absorbsi khusus menyaring cahaya terang dan energi radiasi yang dihasilkan selama operasi pengelasan. Face shields, safety glasses atau goggles harus dipakai pada saat menggunakan helm las.
9
Absorptive Lenses
Beberapa jenis kaca yang dikenal dan dipakai pada safety glass.


Masih banyak lagi APD yang perlu kita pelajari. So, Wait for APD-Part 2 :)
Cool Transparent Green Pointer Cool Transparent Green Pointer