"Welcome"

Selasa, 14 Agustus 2012

Tahukah Kamu? How To Reduce Water Use


Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. Sebagian besar tubuh semua organisme yang hidup terdiri dari air. Sekitar 70 atau 90 persen bahan organik terdiri dari air.

Volume Penggunaan Air
Perlu kita ketahui juga fakta-fakta mengenai air, yaitu (Arief Sujatmoko. Sumber: The Earth Institute) :
  1. Jika diakumulasikan, penggunaan air di India, Cina, dan Amerika Serikat adalah satu pertiga dari jumlah seluruh air di dunia.
  2. Lebih dari 90 persen penggunaan air adalah untuk pertanian dan perkebunan. Walaupun begitu, hanya 16 persen lahan yang telah teririgasi dari sekian banyak penggunaan air untuk pertanian.
  3. Ekstraksi air tanah meningkat tiga kali lipat hanya dalam waktu lima tahun. Konsumsi air tanah di Cina dan India meningkat sepuluh kali lipat sejak tahun 1950.
  4. Penggunaan air tanah yang begitu besar berkontribusi terhadap kenaikan permukaan laut sebanyak 25 persen dalam beberapa tahun terakhir.
  5. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Climate Dynamics, penggunaan air tanah juga mengubah iklim lokal dan mempercepat pemanasan global.
  6. Menurut Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), pada tahun 2030 hampir setengah populasi manusia yang ada akan kekurangan air.
  7. Krisis air akan mengancam kelangsungan pembangkit listrik di dunia. Krisi air yang diakibatkan permintaan yang tinggi akan membuat pembangkit listrik tidak berfungsi.



Reduce Water Bath
Salah satu kegiatan setiap hari yang selalu berhubungan dengan air adalah Mandi. Kebiasaan mandi seseorang dalam 1 hari adalah minimal 2 kali sehari, so berarti ada yang lebih dari 2 kali mandi dalam 1 harinya. Pernah gag kalian menghitung berapa liter air yang kalian gunakan untuk mandi? :) Aku yakin pasti tidak.Mandi juga perlu hemat air misalnya saja mandi dengan gayung atau seember air. Karena dengan menghemat kita bisa meminimalkan limbah cair.




Selain mandi, banyak kegiatan lainnya yang berhubungan dengan "AIR". Ketika kita mendengar kata air pasti di benak kita terlintas kesegaran dan kesejukan dari air. Tapi bagaimana dengan air yang berasal dari sisa cucian, sisa cuci mobil bahkan sisa mandi kita. Nggak kebayang deeh :) Dari sini kita perlu kegiatan mendukung pengolahan air yang bisa dimulai dari diri sendiri dengan menghemat air buangan dari kegiatan sehari-hari, misalnya mulai dari kegiatan mandi. Misal kan, seperti tips gambar di bawah ini :


*We Can Save Our Earth With Simple And Easy Activity*

Cool Transparent Green Pointer Cool Transparent Green Pointer